Memilih Busana Muslim Sesuai Syariah Islam












Dewasa ini kesadaran kaum muslim untuk sepenuhnya melaksanakan ajaran Islam terasa semakin menyusup ke dalam jiwa umat muslim di Indonesia. Contoh yang mudah saja, adalah kesadaran memakai busana yang sesuai ajaran Islam semakin meluas, terlihat dari kaum muslimah yang semakin banyak memakai busana tertutup dan berjilbab. Alhamdulillah.

Nah, berikut ada beberapa tips yang dapat membantu dalam memilih busana muslim yang nyaman digunakan namun tetap sesuai syariah Islam



  1. Sesuai Syariah. Berbusana menurut Islam bertujuan untuk menutup aurat dan melindungi tubuh terhadap hal yang dapat mencederai. Untuk itu Islam mengajarkan untuk menggunakan busana yang longgar, tidak ketat, tidak transparan dan menyamarkan bentuk tubuh khususnya untuk wanita.
  2. Sesuai bentuk dan ukuran tubuh. Pilih busana muslim yang sesuai dengan ukuran tubuh sehingga nyaman dan percaya diri saat mengenakannya. Pakaian yang terlalu sempit/ketat akan menyulitkan saat bergerak, yang terlalu panjang akan beresiko terinjak ataupun terkena najis.
  3. Sesuai dengan waktu dan kondisi. Gunakan busana muslim yang sesuai dengan kegiatan atau acara yang akan dilakukan. Busana muslim untuk kerja pasti berbeda dengan busana muslim untuk pesta. Pastikan pula busana muslim tersebut terbuat dari bahan yang nyaman dipakai sesuai dengan tuntutan acara, misalnya ntuk kerja bisa berbahan katun yang menyerap keringat dan tidak mudah kusut. 
  4. Sesuai padu padannya. Agar tidak menimbulkan kesan ramai dari busana muslim yang dipakai, pilih jilbab dan aksesoris lainnya seperti jilbab, tas, dan sepatu dalam warna yang senada. Begitupun dengan model jilbab disesuaikan dengan kegiatan atau cara, jangan terlalu berlebihan. 
  5. Sesuai budget. Belilah busana muslim sesuai dengan kebutuhan dan budget yang ada. Bukankah yang berlebih-lebihan atau boros tidak dianjurkan oleh Islam? Pilih busana muslim yang sesuai dengan kepribadian tanpa terseret dalam pusaran tren model yang selalu berubah. 
Sumber :
www.busanamuslim21.com

No comments:

Post a Comment