Muslim Paling Banyak Beramal Dibanding Agama Lain


REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Hasil penelitian terbaru di Inggris menunjukkan warga Muslim lebih banyak beramal dibanding kelompok agama lain. Sedikitnya setiap warga Muslim menyumbang amal hampir 371 euro.
Dengan jumlah itu, Muslim menduduki puncak jajak pendapat kelompok agama yang memberikan sumbangan amal. Dari data sumbangan tahun lalu, ateis rata-rata menyumbang 116 euro.
Survei yang dilakukan lembaga setempat, ICM menemukan penyumbang Yahudi memberikan rata-rata 270 euro per orang, katolik roma 178 euro, Kristen 178 euro, dan protestan 202 euro. Jajak pendapat dari 4.000 responden tersebut dilakukan bersamaan dengan situs JustGiving yang menemukan empat dari 10 ateis sama sekali tidak menyumbang.

Angka itu dibandingkan dengan tiga dari sepuluh Muslim, Katolik, dan Kristen yang tidak menyumbang. Sementara, empat dari 10 orang Yahudi tidak menyumbang.
JustGiving menyatakan pertumbuhan jumlah Muslim membuat sumbangan amal online. Mereka menambahkan lembaga donor keagamaan seperti Muslim Aid dan Islamic Relief memberi manfaat paling banyak. Akan tetapi, banyak donasi yang juga disalurkan ke lembaga penelitian kanker, Macmillan dan Yayasan Jantung Inggris.
"Data kami menunjukkan komunitas Muslim Inggris merupakan yang terdepan dalam pemberian amal, didorong peningkatan dalam donasi zakat," kata Kepala Eksekutif JustGiving, Zarine Kharas dikutip Huffingtonpost.
Sekretaris Jenderal Dewan Muslim Inggris, Farooq Murad mengatakan data itu menggarisbawahi semangat asli dan realitas Islam di Inggris. "Dalam membantu tidak hanya untuk komunitas tapi juga kehidupan secara luas serta mendukung penyelesaian masalah nasional," ujarnya.

Sumber :
www.republika.co.id

No comments:

Post a Comment