Tips Menu Sahur Agar Puasa Kuat Setiap Hari

 
 
 
 
 
 
 
 
 
BERIKABAR.COM - Makin siap dong untuk berpuasa kawan? karna puasa hari ini ga jadi, so makin mantap persiapannya, heheh . Ada Beberapa tips Menu sahur nih sobat, agar sobat-sobat semua bisa kuat menjalani puasanya setiap hari. hmm pasti mau dong yah? secara kan kalo kita orang sibuk ketahanan fisiknya harus bagus pas lagi puasa,. heheh .
1. Karbohidrat
Karbohidrat lengkap adalah penghasil energi yang stabil, selain meningkatkan gula darah secara perlahan agar tubuh tidak kaget dengan perubahan kerja pencernaan selama puasa.
Karbohidrat lebih lama dicerna oleh tubuh sehingga membuat perut kenyang lebih lama. Anda bisa mendapatkan karbohidrat lengkap pada nasi merah, oatmeal, sayuran dan umbi-umbian.
2. Protein
Ayam, ikan, telur dan daging adalah sumber protein tinggi. Anda bisa mengolahnya dengan cara dikukus, direbus, dipanggang, atau dipepes. Hindari bahan makanan tersebut diolah dengan cara digoreng, karena lemak dari minyaknya bisa membuat Anda cepat lemas dan mengantuk.
3. Buah-buahan
Buah kaya vitamin dan mineral dan berfungsi mengubah cadangan makanan sebagai sumber energi serta membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Konsumsilah tiga porsi buah seperti pisang, jeruk atau apel sebelum makan nasi.
Namun, hindari buah impor, pasalnya sekarang ini ada yang mengandung formalin dan justru membahayakan tubuh.
4. Cukup air
Kunci utama agar tetap segar selama berpuasa adalah mencukupi asupan cairan tubuh. Air putih adalah pilihan yang baik. Anda bisa mengombinasikannya dengan jus buah alami yang diblender.
5. Suplemen Makanan
Beragam suplemen makanan kini banyak dijual di pasaran. Pilihlah yang mengandung vitamin, mineral, dan omega 3 agar tetap berenergi meski harus menjalani puasa seharian.
6. Stop Gula
Jika terbiasa minum teh manis setelah sahur, mulai sekarang tinggalkan kebiasaan itu. Mengonsumsi gula hanya akan membuat tubuh cepat lemas. Meski memberi tambahan energi instan, namun gula hanya menyuguhkan energi palsu.
Gula cenderung membuat kadar gula darah cepat naik, tapi cepat juga turunnya. Akibatnya tubuh jadi cepat lemas. Sebaiknya pilih jus alami tanpa buah untuk mendapatkan energi yang cukup.
 
Sumber :
www.berikabar.com

No comments:

Post a Comment